English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Dan Trik Berhemat Gaji

The Lifestyle kali ini akan membahas tentang tips dan trik berhemat gaji anda agar tidak cepat habis. Kebanyakan dari seluruh manusia di dunia ini sangat sulit untuk mengontrol keuangan agar tetap selalu tercukupi hingga akhir bulan nanti. Biasanya kita selalu mengeluarkan uang lebih saat baru menerima gaji dan nantinya pada akhir bulan kita akan kebingungan. Gaya hidup seperti inilah yang membuat anda tidak akan pernah bisa menabung untuk masa depan.

Tips dan trik berhemat gaji di bawah ini adalah sakah satu cara untuk mengelola keuangan anda tiap bulannya agar pada akhir bukan nanti anda tidak akan bingung atau kehabisan uang. Gaya hidup boros dan tidak terkontrol adalah penyebab utama anda mengalami masalah ini, jadi dengan tips dan trik di bawah ini semoga dapat menjadi solusi anda nantinya.


1. Sisihkanlah untuk menabung

Apakah anda selalu menabung setelah gaji anda hampir habis? cara menabung seperti ini adalah cara menabung yang salah. Saat anda baru menerima gaji, sisihkanlah beberapa untuk ditabung jadi anda akan selalu mempunyai tabungan tetap setiap bulannya.

2. Catat setiap pengeluaran

Mungkin hal ini sedikit repot dan dirasa terlalu membutuhkan waktu, namun jika anda ingin mengontrol uang yang anda keluarkan, cara ini adalah cara paling jitu. Dengan anda mencatat setiap pengeluaran yang anda lakukan, anda dapat mengetahui keborosan uang anda.

3. Disiplin dalam perencanaan keuangan

Setiap bulan cobalah untuk membuat perencanaan keuangan dan anda harus selalu menepati perencanaan yang anda buat. Jadi jika jatah untuk bersenang-senanga telah habis, sebaiknya anda pun harus menepatinya. Jika tidak sistem perencanaan keuangan anda akan kacau.

4. Berbelanja sesuai kemampuan

Mengeluarkan uang untuk hal yang dirasa tidak begitu penting, sebaiknya anda menundanya terlebih dahulu. Janganlah pernah berbelanja diluar kemampuan gaji anda karena itu sangat berpengaruh dengan pengelolaan keuangan anda nantinya.

5. Membatasi menggunakan kartu kredit

Janganlah menggunakan kartu kredit secara berlebihan, gunakanlah kartu kredit untuk keperluan yang memang dirasa sangat perlu dan segeralah untuk melunasi pembayaran kartu kredit setelah anda menerima gaji.

6. Jangan remehkan uang receh

Kita mungkin sering kali selalu membuang uang receh dan tidak menyimpannya. Namun cobalah untuk mengumpulkan uang receh yang anda dapatkan. Uang receh yang anda kumpulkan dapat anda gunakan untuk membayar parkir atau membeli kebutuhan kecil nantinya.

7. Buat dana cadangan

Tentu kita tidak akan mengetahui hal apa yang akan terjadi besok, oleh karena itulah kita harus memiliki dana cadangan yang digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan atau hal yang tidak kita duga.

Itulah beberapa tips dan trik berhemat gaji untuk anda yang kesulitan mengelola keuangan anda tiap bulannya. Semoga tips dan trik tersebut dapat bermanfaat untuk anda dalam mengelola keuangan, jadi anda tidak akan bingung pada akhir bulan nanti.

Categories:

Leave a Reply