English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Hal-Hal Yang Akan Merusak Rambut

The Lifestyle kali ini akan sedikit membahas tentang hal-hal yang akan merusak rambut anda. Rambut adalah sebuah mahkota, itulah yang biasa banyak orang katakan. Memiliki rambut indah dan sehat adalah dambaan setiap orang di dunia ini, namun tidaklah mudah untuk memilikinya. Itulah kenapa banyak orang salah yang akhirnya justru akan merusak rambut.

Hal-hal yang akan merusak rambut anda di bawah ini mungkin anda sering melakukannya dan tanpa sadar ternyata meberikan efek buruk pada rambut anda. Untuk itulah saya akan memberitahukan anda hal-hal apakah saja yang dapat merusak rambut kita.


1. Rambut terlalu sering diikat

Mengikat rambut adalah cara cepat untuk membuat rambut terlihat rapi, namun ternyata dengan mengikat rambut terlalu sering dapat membuat kulit kepala tegang dan stress. Akhirnya efek yang akan dihasilkan adalah sakit kepala dan rambut rontok. Oleh karena itu janganlah terlalu sering mengikat rambut dan saat mengikat rambut gantilah titik rambut anda agar tidak terjadi tekanan pada titik yang sama.

2. Menyiksa rambut dengan hair dryer

Apakah anda suka mengeringkan rambut dengan hair dryer? Berhati-hatilah saat mengeringkannya. Jangan pernah mengeringkan rambut dengan hair dryer saat rambut anda masih dalam keadaan basah. Jika anda mengeringkan rambut dengan hair dryer dan rambut anda masih dalam keadaan basah itu akan dapat membuat rambut anda rapuh dan mudah patah. Cara yang baik yaitu dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk hingga lembab lalu anda bisa menggunakan hair dryer, namun dengan suhu yang sedang dan tidak terlalu panas. Mengeringkan rambut pun sebaiknya tidak boleh dari 20 menit.

3. Merubah tekstur rambut

Tidak perlu memaksakan rambut untuk merubah teksturnya karena walaupun anda memiliki rambut keriting atau lurus apabila dapat merawatnya dengan baik hasil yang akan didapatkannya pun sangat memuaskan. Kenalilah jenis dan tekstur rambut anda terlebih dahulu sebelum merubah tekstur rambut anda. Jangan pernah telalu membebani rambut dengan bahan kimia yagn justru akan membuat rambut mudah patah. Menggunakan alat pencatok setiap hari juga berpotensi membuat rambut rapuh dan rontok. Pada rambut yang rapuh dan sensitif, proses pengembalian kondisi rambut yang rusak bisa memakan waktu yang lama. Jika Anda tetap memutuskan untuk mengubah tekstur rambut, pastikan Anda selalu menggunakan perawatan rambut secara berkala. Sebaiknya istirahatkan rambut beberapa saat sebelum mulai meluruskan atau mengeriting rambut lagi.

4. Terlalu sering mencuci rambut

Karena mungkin terasa gerah dan berminyak banyak orang memilih untuk mencuci rambut setiap hari. Ternyata dengan mencuci rambut setiap hari dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada rambut. Seringnya mencuci rambut akan memicu kulit kepala untuk terus memproduksi minyak untuk mengganti minyak yang hilang karena shampo. Sebaiknya cucilah rambut anda cukup 2-3 hari sekali agar minak alami menjalankan tugasnya, jika tidak anda bisa mencuci rambut dengan air bersih tanpa menggunakan shampo.

5. Menggunakan sisir yang salah

Hal yang satu ini mungkin tidak terlalu anda perhatikan, namun ternyata sisir sangat berpengaruh kepada rambut. Jika anda memilih sisir rambut yang tidak tepat dapat membuat rambut patah. Pilihlah sisir sesuai dengan rambut anda, semakin panjang rambut anda gunakanlah sisir yagn berukuran besar.

6. Melupakan perawatan rambut

Untuk rambut anda yang sering diwarnai, berketombe dan rontok sebaiknya cepatlah untuk mencari perawatan rambut yagn tepat. Gunakan shampo atau produk perawatan rambut yang sesuai dengan masalah Anda. Jika masalah tersebut tetap terjadi, konsultasikan dengan penata rambut atau dokter kulit untuk menemukan solusi dari masalah tersebut.

7. Banyak bahan kimia

Apakah anda sering menggunakan produk penataan seperti gel, wax, atau hairspray? Sebaiknya biarkan rambut dalam keadaan alami karena dengan menggunakan produk-produk tersebut setiap hari dapat membuat rambut lengket dan mudah berketombe jika anda tidak membersihkannya dengan baik.

Itulah sedikit pembahasan tentang hal-hal yang akan merusak rambut anda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda agar dapat menjaga rambut anda sehat dan indah. Jika anda rajin dalam merawatnya, tentu anda akan mendapatkan rambut sesuai yagn anda inginkan.

Categories:

Leave a Reply