English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Makanan-Makanan Yang Dapat Membahayakan Kesehatan Jantung

The Lifestyle, kali ini akan sedikit membahas tentang kesehatan jantung tubuh anda. Jantung merupakan organ vital dalam diri kita khususnya. Pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama penyebab timbulnya penyakit jantung. Seperti makanan makanan yang dapat membahayakan jantung di bawah ini.

Faktor utama timbulnya penyakit jantung pada tubuh kita itu dikarenakan lemak dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya akan menyumbat aliran darah. Untuk itu agar jantung tetap dalam kondisi sehat sangatlah dibutuhkan kepedulian kita dalam mengkonsumsi makan setiap harinya. Sebaiknya, untuk tubuh orang dewasa misalnya dibutuhkan asupan 2,000 kkal kalori yang terdiri dari sodium (kurang dari 1,500 mg), lemak jenuh (kurang dari 16 gram), dan kolesterol (kurang dari 300 mg) per hari. Memang sekilas terlihat sangat repot, namun jika itu bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh kita, kenapa tidak mencoba kita lakukan. Nah untuk mengetahui makanan makanan yang dapat membahayakan kesehatan jantung kita, berikut adalah ulasannya :


1. Makanan pembuka di restoran

Makanan pembuka di restoran memang sangat terlihat menggiurkan untuk dimakan, namun ketauhilah bahwa terdapat makanan pembuka yang sangat berbahaya bagi jantung. Misalnya per sajian appetizer sering mengandung kalori, lemak, dan sodium setara dengan makanan utama. Misalnya 'Aussie Cheese Fries with Ranch Dressing' di Outback Steakhouse. Porsi regulernya memang besar, bisa untuk 3 orang, namun tetap saja berbahaya bagi jantung. Ada 2,900 kkal kalori, 182 gram lemak, dan lebih dari 1500 mg sodium. Begitu juga dengan chicken wings. Per 6 buah sayap ayam dengan tambahan dressing mengandung 1,000 kkal kalori dan 50 gram lemak. Untuk itu, pilih sup bening dan salad dengan mayones rendah lemak saja jika ingin makan sebelum menu utama datang.

2. Menu sehat di restoran

Di dunia ini khususnya di restoran semua makanan akan terlihat menyehatkan saja untuk tubuh, namun sebaiknya anda juga harus tetap mewaspadai makanan tersebut. Misalnya saja salad, terdapat sebuah restoran yang mengandung 1,300 kkal kalori, 2,200 mg sodium, dan 80 gram lemak pada menu makanan salad.

3. Menu Cina ala Amerika

Masakan khas negara manapun di dunia ini, jika sudah disajikan dengan gaya Amerika, biasanya akan menjadi lebih tidak sehat dibanding resep masakan aslinya. Misalnya 'Double Pan-Fried Noodles Combo' mengandung 1,800 kkal kalori, 70 gram lemak, dan 7,500 mg sodium per porsi, selain itu adalah adalah ayam asam manis.

4. Ayam goreng di restoran fast food

Nah untuk makanan yang satu ini tentu kita sering memakannya, namun ketauhilah bahwa ayam gorang tepung yang dijual di restoran fast food sarat akan kolesterol jahat. Ini disebabkan karena minyak goreng yang digunakan memiliki kualitas yang rendah dan dipakai berulang-ulang. Dan jika yang digoreng adalah kentang, zat berbahaya bernama acrylamide akan dihasilkan dan menyebabkan kanker.

5. Makanan beku di supermarket

Makanan ini pasti sering kita jumpai saat kita berkunjung ke sebuah supermarket, makanan ini pun sangat praktis karena makanan tersebut telah dimasak sebelumnya. Namun ketauhilah bahwa makanan beku di seupermarket kebanyakan mengandung kalori dan lemak yang berlebihan.

6. Menu anak

Nah makanan yang satu ini sangat perlu diwaspadai bagi anda orang tua saat berkunjung ke sebuah restoran bersama anak anda. Jika anak Anda sering memakan makanan ini, ia bisa terkena serangan jantung pada umur 30 tahun. Membelikan si kecil paket menu anak dan segelas soda dapat membuatnya kelak menderita diabetes dan obesitas, salah satu pemicu serangan jantung.

Itulah sedikit pembahasan tentang makanan makanan yang dapat membahayakan kesehatan jantung kita. Mungkin bagi anda sedikit sangat merepotkan bukan apabila kita harus terus mewaspadai makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Namun jika anda peduli akan kesehatan jantung anda, tentu hal ini sangat tidak ada ruginya apabila itu dilakukan. Dan tidak lupa juga untuk selalu berolahraga, karena dengan olahraga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tubuh kita.

Categories:

Leave a Reply