English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jenis-Jenis Dari Selendang Kashmir

The Lifestyle kali ini akan sedikit membahas tentang selendang yang merupakan salah satu fashion dari Negara India. Saat kita jalan-jalan ke suatu tempat perbelanjaan, kita mungkin akan melihat beberapa jenis selendang yang di jual di toko-toko fashion. Apakah anda tahu bahwa ternyata selendang merupakan warisan leluhur bangsa Kashmir. Bangsa Kashmir sangat memiliki budaya dalam bidang tekstil yang dihargai sangat tinggi oleh negara-negara Barat.


Banyak negara-negara barat rela membeli sebuah selendang kashmir dengan harga yang sangat tinggi, karena memiliki kualitas dan keindahan yang tidak diragukan lagi. Namun kita mngkin tidak banyak tahu akan jenis-jenis dari selendang kashmir tersebut. Nah untuk itulah, The Lifstyle kali ini akan memberikan sedikit penjelasan tentang jenis-jenis dari selendang kashmir tersebut.

1. Kanikar

Kanikar merupakan selendang yang dominan dengan warna merah tua (maroon), cokelat dan kuning ke-emasan dengan corak yang identik dengan alam. Kebanyakan corak selendang kanikar berupa daun chenar, bunga sakura, mawar, tulip, apel, almond, pir dan burung bulbul.

2. Jamiavr

Jamiavr merupakan selendang yang identik dengan kombinasi bordiran bunga kecil dan besarnya yang halu dan rapi. Bahkan dalam beberapa motifnya memiliki pola jaring dengan bunga sebagai intinya. Selendang jenis ini biasanya tebuat dari bahan wol murni atau bahan wol dicampur dengan kapas.

3. Dourukha

Dourukha merupakan selendang yang memiliki hiasan dan warna yang sama pada kedua sisinya sehingga satu sisi terlihat seperti cermin bagi sisi lainnya. Selendang ini memiliki pola warna yang sangat banyak dan ditenun dengan apiknya. Ketika sebuah selendang dourukha selesai ditenun, seorang penenun akan menambahkan bordiran yang cocok dengan motif selendang yang multi-warna agar keindahan desainnyaa terlihat.

4. Shatoosh

Shatoosh merupakan selendang yang memiliki kualitas sangat bagus, itulah kenapa selendang ini merupakan selendang Kashmir terbaik dan termahal. Selendang ini terbuat dari bulu jenggot Ibex liar. Ibex merupakan jenis kambing gunung yang tinggal didaerah dingin dan tinggi. Hasil tenunan ini sangat halus dan lembut sehingga ada perumpamaan bahwa selendang ini bisa ditarik melewati cincin jari yang kecil.

Nah itulah beberapa jenis-jenis dari selendang Kasmir yang paling banyak diminati oleh banyak wanita di dunia ini. Selain dari keempat jenis selendang di atas, kita masih dapat menemukan jenis-jenis selendang yang lainnya di toko-toko yang menjual khusus selendang teutama selendang Kashmir. Tentu setiap tahun jenis-jenis dari slendang Kashmir ini akan semakin banyak dan bervariasi, mengingat setiap tahunnya juga perkembangan akan fashion juga selalu berubah-ubah dan memunculkan inovasi yang baru.

Categories:

Leave a Reply